Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Mengapa harus ngeblog?

Mengapa harus ngeblog? Buat apa? Apa keuntungan ngeblog? Apa manfaat ngeblog? Banyak amat pertanyaannya ya sob. Oke langsung aja berikut jawabannya menurut pengalaman saya pribadi.

1. Melatih kemampuan menulis
Melatih kemampuan menulis

Menurut saya hal yang paling saya rasakan adalah melatih kemampuan menulis. Untuk menulis tentunya harus menuangkan isi pikiran kita menjadi kata-kata. Tidak semua orang mempunyai kemampuan menulis yang baik. Pada awal ngeblog, saya adalah orang yang paling banyak copypaste artikel orang. Tidak ada ide untuk menulis, tidak ada kemauan juga. Perlu sobat ketahui, artikel copypaste adalah hal yang paling dibenci google. Dampak buruk apa bila sobat banyak posting artikel copypaste, blog sobat akan dihapus oleh google.

Karena itu saya mencoba membuat artikel sendiri. Dan ternyata sangat baik pengaruhnya bagi saya. Saya sudah mulai menulis artikel sendiri walaupun masih kacau seperti ini. Ini merupakan hal yang baik bagi sobat. Apabila ada tugas buat makalah, laporan, atau bahkan skripsi sobat akan mampu menulis dengan baik.

2. Menambah ilmu
Menambah ilmu

Menambah ilmu bukan ilmu hitam atau putih ya sob. Maksudnya pengetahuan tentang blog. Dengan belajar blog kita akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan, bukan hanya tentang blog tapi tentang informasi lain yang banyak tersedia di blog teman kita. Dengan cara blogwalking atau berkunjung ke blog sahabat. Dengan ini juga menambah kemampuan kita untuk membaca cepat.

Dengan banyak membaca dan latihan ngeblog, kita akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan. Lalu kenapa kita menolak untuk ngeblog? Padahal kita telah mengetahui manfaat tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Misalnya, sobat akan belajar banyak tentang code html dan seo. Html ada bahasa pemrograman yang kita pakai untuk membuat blog, sedangkan SEO adalah bagaimana cara memaksimalkan mesin pencari untuk menemukan blog sobat. Saya sarankan sobat untuk masuk dunia seo. Dengan itu mungkin sobat akan ketagihan ngeblog.

3. Saling berbagi informasi dengan sahabat
Saling berbagi informasi dengan sahabat

Dengan ngeblog kita juga akan menambah teman kita. Tidak hanya lewat sosial media seperti facebok atau twitter, dengan blog kita juga akan mendapatkan teman. 

Banyak blogger yang mempunyai blog dengan konten yang menarik. Misalnya, blog fashion, berita unik, tips kesehatan, trik ngeblog dan lain lain. Dengan demikian kita akan mempunyai teman dengan kesukaan yang sama atau hobi yang sama. Misalnya untuk cewek-cewek nih, dengan ngeblog nantinya kalian akan saling berbagi tentang fashion. Mengenai trend terbaru, tips cantik dan sebagainya. 

Yang minat dengan trik ngeblog, jangan sungkan bertanya sama pakar atau master ngeblog. Misalnya blognya mas-sugeng.com yang banyak memberi informasi dan motivasi bagi blogger.

4. Earn Money
Earn Money
sumber: learning4earning.com
Dapat uang dari ngeblog? Kalau bagian ini saya belum berpengalaman nih. Coba tanya sama pakarnya, saya sendiri masih banyak belajar untuk masuk tahapan ini. Saya sarankan jangan pikir bagian ini dulu deh, nanti dipikir belakangan. Yang utama tiga poin bagian atas ini. Takutnya nanti sobat akan berhenti ngeblog karena gagal pada bagian ini. Mari kita sama-sama belajar.

Saya yakin di luar sana banyak orang yang tertarik dengan blog namun belum mempunyai alasan kuat untuk ngeblog.


Memang saya akui saya juga bukan pakar atau master ngeblog alias masih pemula. Saya menulis banyak artikel hanya untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman saya yang masih sedikit lewat blog ini. Demikian semoga  bermanfaat
0 Komentar untuk "Mengapa harus ngeblog?"

Back To Top