Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Melawan komentar spam di blogger

Melawan komentar spam di blogger
sumber: teknohere.com
Komentar spam merupakan hal yang paling menjengkelkan. Apalagi kalau komentar spaming tentang yang begituan bikin jengkel sangat. Tidak tahu apa tujuan si pembuat komentar spam. Katanya sebagai SEO, padahal ada tujuan terselubung yaitu promosi produk dengan cara yang berlebihan. Sekarang komentar spam dinggap sebagai ancaman yang besar dan ini juga menjadi tujuan utama algoritma google saat ini yaitu untuk memangkas situs-situs yang suka melakukan komentas spam.

Apa itu komentar spam?
Kita pahami dulu Apa sih itu komentar spam? beikut penjelasan komentar spam menurut definisi saya pribadi.
Komentar spam adalah komentar pada suatu halaman artikel yang tidak ada hubungannya, tidak ditujukan untuk merespon artikel yang diposting serta menyertakan link sampah yang menyusahkan ke situs tertentu. Dengan tujuan utama promosi produk tertentu dan keuntungan pribadi
Selain itu tindakan komentar spam merupakan hal yang dilarang dan melanggar aturan. Berhubung blogger.com masuk dalam programnya si om google.com, maka blogger.com juga berusaha bekerja sama untuk melawan komentar spam ini.

Apa bahaya komentar spam?
Spaming komentar adalah hal yang mengerikan dan membahayakan blog kita. Apa sih bahaya komentar spam terhadap blog kita?

1. Merusak reputasi blog kita
Jika pengunjung datang untuk membaca artikel kita kemudian melihat komentar spam yang banyak apalagi dengan komentar spam iklan obat kuat dan keluarganya. Itu akan membuat pengunjung tidak betah tinggal lama-lama di blog kita.

2. Menurunkan Ranking Blog
Memberikan link keluar yang berlebihan akan menurunkan ranking blog kita. Apalagi memberikan backlink kepada situs yang tidak ada hubungan topik dan mempunyai kualitas situs yang rendah. Itu akan menurunkan ranking seo blog kita.

Apakah kamu robot?

Melawan komentar spam di blogger
sumber http://googlewebmastercentral.blogspot.com/
Pada desember 2014 yang lalu muncul fitur baru oleh blogger untuk melawan komentar spam yaitu reCAPTCHA. Tujuan diaktifkannya fitur ini adalah untuk melawan robot yang otomatis membuat komentar yang tidak dinginkan atau komentar spam.

Cara kerja  reCAPTCHA yaitu setelah kita selesai mengetik komentar, lalu pada saat kita akan kita akan mem-publish maka aka muncul pertanyaan Are you a robot? maka tugas kita adalah mencentang I'm not a robot untuk mengonfirmasi bahwa anda bukanlah sebuat robot spammer. Kemudian anda mengisi kode CAPTCHA yang tampil pada gambar kemudian Verify lalu Publish.
Melawan komentar spam di blogger
sumber: http://googlewebmastercentral.blogspot.com/

Bagaimana cara melawan komentar spam?
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melawan komentar spam ini. Komentar spam akan kita lawan dengan tool yang disediakan blogger. Sejak lama komentar blog juga dilengkapi dengan kode captcha.

Apa saja yang dapat kita lakukan?

1. Moderasi komentar
Dengan moderasi komentar kita memilih komentar apa saja yang akan tampil dalam blog kita. Jika komentar itu adalah komentar spam, janganlah ditampilkan atau lebih baik dihapus saja. Bagaimana cara mengaktifkan moderasi komentar?

Melawan komentar spam di blogger

Silahkan sobat ke Settings atau Pengaturan. Pada komentar centang Always pada Comment Moderation.

2. Merubah aturan siapa saja yang bisa berkomentar.
Dengan cara ini hanyalah orang yang mempunyai profil yang bisa berkomentar di blog kita. Cara mengaktifkan ini yaitu dengan cara : Pada bagian komentar pilih Registered User.  Seperti pada gambar di atas.

3. Menghapus komentar spam.
Misalnya sobat menemukan komentar yang dianggap sebagai komentar spam. Silahkan sobat buka Komentar di blog sobat. Kemudian arahkan poiter mouse ke bawah komentar maka akan tampil pilihan Remove Content | Delete| Spam silahkan pilih sesuai yang sobat inginkan. Jika ingin menghapus komentar tersebut dari blog kita silahkan klik Delete. Perhatikan gambar berikut


Demikian Melawan komentar spam di blogger semoga bermanfaat.
Tag : Tips ngeblog
0 Komentar untuk "Melawan komentar spam di blogger"

Back To Top