Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word
Mengganti kata yang sama, dan banyak jumlahnya dalam satu paragraf, satu halaman, bahkan puluhan atau ratusan halaman memang sangat merepotkan. Apalagi jika kita menggantinya cara manual dengan satu persatu, kata demi kata. Belum habis kata yang diganti malah pinggang kita yang encok duluan.


Cepat bekerja, tentu akan cepat terselesaikan tugas kita. Untuk itu kita memerlukan cara yang cepat untuk mengganti kata yang salah dalam jumlah banyak. Tutorial ini sangat berguna bagi yang sementara membuat tugas makalah atau skripsi. Nah, tutorial kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara cepat mengganti kata yang salah dalam dokumen dengan kata yang kita inginkan menggunakan microsoft word.

Perhatikan baik-baik ya contoh berikut

Contoh kasus:

Pada contoh ini saya menggunakan microsoft word 2010.
Saya mempunyai dokumen microsoft word berisi satu paragraf yang cukup panjang. Misalnya saya mengkopi paragraf ini dari internet. Tapi yang membuat saya resah, ternyata dokumen ini berisi penulisan yang salah yaitu kata “yg”. Saya ingin mengganti kata “yg” dengan kata “yang” agar penulisan katanya benar. Ini sangat merepotkan bila terjadi pada ratusan banyak halaman.

Solusi:

Berikut cara cepat mengganti kata menggunakan microsoft word .
1. Buka dokumen yang akan diganti katanya. Saya membuka dokumen yang banyak salah penulisan katanya. Berikut contohnya.
Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

2. Pada bagian home klik Replace atau CTRL+H untuk mengganti kata dalam dokumen. Maka akan terbuka kotak dialog Find and Replace.
Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

3. Pada kolom Find what: isi dengan kata yang salah atau kata yang akan diganti. Misalnya saya mengisi dengan kata “yg” yang akan diganti. Kemudian pada kolom Replace with: isi dengan kata yang benar atau dengan kata yang anda kehendaki. Misalnya saya mengisi dengan kata “yang” sebagai gantinya. Kemudian klik Replace All untuk mengganti semua kata tersebut.
Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

4. Maka akan dapat pemberitahuan. Kurang lebih artinya kata yang anda cari atau inginkan sudah diganti semuanya. Kemudian klik OK. Selesai, tutup kotak dialog find and replace.
Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

5. Maka hasil yang saya dapatkan seperti berikut. Cepat dan mudah bukan? Apalagi jika kata yang kita ganti dalam jumlah yang banyak.
Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word

Oke demikian cara cepat mengganti kata dengan microsoft word. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan sobat di kolom komentar bawah ini.  Semoga bermanfaat .
0 Komentar untuk "Cara cepat mengganti kata yang salah di ms word"

Back To Top