Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog


Tingkatkan omzet penjualan anda dengan blog - Sekarang ini banyak orang telah menggunakan internet sebagai sarana pemasaran produk mereka. Ini adalah hal yang wajar, karena sekarang ini orang-orang tidak pernah lepas dari internet. Otomatis dengan pengguna internet yang banyak, maka peluang produk kita terjual akan semakin besar pula.
Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog
Pada artikel kali ini cara woles akan berusaha membahas alasan kita menggunakan blog sebagai sarana untuk memasarkan produk kita.

Contoh kasus:

Misalkan anda adalah seorang owner toko baju distro di kota Palu. Toko baju anda baru dibuka 7 hari yang lalu. Dengan umur 7 hari tersebut tentunya pembeli yang datang ke toko anda masih sangat sedikit. Lalu apa yang harus anda anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Mari kita identifikasi masalahnya. Pertama, toko yang anda miliki mempunyai umur yang masih muda, belum banyak orang yang kenal tentunya. Kedua, informasi tentang adanya toko baju anda belum tersebar, maka pembeli belum mengetahui cara menuju ke toko anda. Ketiga, sebagai seorang calon pembeli maka mereka ingin mengetahui produk yang anda jual di dalam toko anda. Dan apakah anda menyediakan apa yang mereka inginkan.

Untuk mengatasi semua masalah di atas, cara yang paling tepat adalah dengan memperkenalkan toko baju distro yang anda miliki melalui blog. Kenapa harus blog? Mengapa tidak dengan menyebarkan selebaran atau memasang baliho misalnya.

Kenapa saya harus menggunakan blog? Tidak dengan yang lainnya?


Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Mengapa harus menggunakan blog? Kita biasa saja memasarkan produk kita hanya menggunakan BBM misalnya, atau dengan cara menyebarkan info di grup facebook, fanpage, atau bahkan hanya menggunakan twitter saja. Hanya menggunakan media social saja, memang sudah cukup mejanjikan. Lalu apa keunggulan menggunakan blog?

#1. Gratis

Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog
Ya sudah tentu. Saya sangat suka dengan yang gratis. Anda juga suka tentunya. Ini adalah alasan pertama mengapa blog merupakan sarana yang baik untuk memasarkan produk. Memperkenalkan produk anda menggunakan blog tidak memungut biaya. Beda jika kita menggunakan baliho papan iklan, selebaran atau pamphlet, kita membutuhkan uang dan tenaga untuk menyebarkan iklan produk kita.

#2. Target pasar yang luas


Menggunakan blog akan membuat toko anda diketahui oleh orang banyak. Seperti yang kita ketahui pengguna internet adalah orang-orang seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Maka sudah tentu, akan banyak peluang produk anda terjual.

Beda halnya jika menggunakan selebaran atau papan iklan. Jangkauan iklannya hanya di daerah sekitarnya. Misalnya, anda memasang papan iklan di Daerah Palu Barat. Maka, daerah cakupan iklan anda hanya sekitaran palu barat saja.

Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog
Lalu bagaimana jika kita hanya menggunakan grup facebook? Apakah anda hanya ingin mengharapkan pembeli dari grup facebook saja? Dan anda ingin mengabaikan pembeli dari pencarian Google. Google merupakan search engine terpopuler sekarang ini. Jika orang ingin membeli sesuatu maka pasti mereka akan mencarinya lewat google terlebih dahulu.

Jika kita menggunakan blog maka target pasar kita akan semakin banyak, baik itu dari pencarian google, yahoo, dan juga kita tetap bisa menjangkau calon pembeli dari social media. Bagaimana caranya?

Jika kita menggunakan blog maka kita dapat mengoptimasi blog kita agar nomor satu di google yaitu dengan teknik  Search Engine Optimization (SEO). Untuk pengguna social media seperti facebook dan twitter, kita dapat mengoptimasi blog kita dengan teknik Social Media Optimization (SMO). Silahkan baca lebih lengkap tentang teknik SMO disini: cara meledakkan pengunjung blog dalam 1 menit

#3. Dapat meningkatkan kepercayaan diri target pasar

Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog

Apa hubungan blog kita dengan kepercayaan diri target pasar? Disini cara woles akan membahas sedikit tentang Artikel Marketing. Aduh, apa pula artikel marketing? Mari kita bahas bersama-sama.

Blog erat kaitannya dengan artikel. Misalkan anda membuat sebuah artikel dengan judul “Cara membedakan jenis kain yang bagus untuk kaos”. Setelah mereka membaca artikel yang anda posting, ternyata mereka merasa artikel anda sangat informatif dan sangat membantu mereka. Maka, mereka akan menyukai anda, mereka menjadi percaya kepada anda dan mereka akan lebih yakin untuk membeli produk baju distro yang anda tawarkan nantinya. Cara inilah yang disebut Artikel Marketing.

#4. Meningkatkan popularitas nama/brand bisnis Anda

Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog
Semakin banyak anda membuat artikel di blog, maka akan semakin popular juga produk anda. Mengapa bisa seperti itu? Seperti yang kita bahas di atas, dengan menggunakan blog banyak orang akan mengetahui tentang produk anda. Baik itu calon pembeli dari google maupun dari social media. Jika orang yang tahu semakin banyak, maka produk anda akan semakin popular. Nama/brand anda akan menjadi terkenal, sehingga akan meningkatkan omzet penjualan anda.

Untuk memulai memasarkan produk anda melalui blog tentunya syarat awal yang harus dipenuhi adalah anda harus mempunyai blog sendiri terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara  membuat blog? Silahkan baca selengkapnya disini: cara membuat blog lengkap

Jika anda ingin bertanya atau ingin mendapatkan pemberitahuan tentang artikel terbaru dari cara woles, silahkan like fanpage kami disini:

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara meningkatkan omzet penjualan dengan blog"

Back To Top